powered by
TickBar

PENCAK SILAT
Vietnam Masih Mendominasi

Jakarta, Kompas - Kontingen Vietnam masih mendominasi hari kedua Kejuaraan Dunia Pencak Silat XIII-2010 Jakarta, yang berlangsung di Padepokan Nasional Pencak Silat, Senin (13/12) kemarin.

Dari 26 partai tanding yang berlangsung dari pagi hingga petang hari di Padepokan Nasional Pencak Silat (PNPS), Kompleks TMII, Pondok Gede, Jakarta Timur, Vietnam meloloskan lima pesilatnya dari babak penyisihan.

Mereka adalah Tran Van Toan yang turun di kelas B, Vu The Hoang (kelas G), Le Dang Minh (kelas I), Bui Van Doan (kelas D), dan Nguyen Thanh Quyen (kelas J). Semuanya turun pada kategori tanding putra.

Partai yang cukup menarik justru terjadi di kelas B putra, di mana Ighsan Gondi, pesilat asal Afrika Selatan, berhadapan dengan Muhd Taufek bin Abd Razak dari Malaysia. Ighsan yang kalah dalam teknik dinyatakan kalah oleh wasit.

”Itu sebabnya pertarungan terpaksa dihentikan pada babak kedua dari tiga babak yang harus mereka selesaikan,” kata Katmudjiono, salah satu anggota Dewan Wasit Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat).

Dari nomor seni pun, Vietnam mampu meloloskan pesilatnya untuk masuk ke babak berikutnya. Mereka adalah Nguyen Viet Anh dari nomor seni tunggal putra yang berada di Pul B. Serta Vu Thi Thao dari nomor seni tunggal putri Pul B.

Malaysia

Kalau Vietnam mendominasi secara keseluruhan, kontingen Malaysia mendominasi pada nomor tanding. Sebab, kontingen negeri jiran itu mampu meloloskan enam pesilatnya sekaligus dari babak penyisihan.

Selain Muhd Taufek dari kelas B yang mengalahkan Ighsan Gondi dari Afrika Selatan, juga ada Ahmad Syahril bin Zailudin (kelas D), Mohd Safwan bin Abd. Rahid (kelas G), Azrul bin Abdullah (kelas I), Muhd Helmi bin Abd Aziz (kelas C), dan Faizal bin Abdullah yang bermain di kelas H.

Spanyol

Pada nomor seni, kontingen Spanyol, yang menjadi salah satu pusat pengembangan seni bela diri pencak silat di daratan Eropa, membuat kejutan. Spanyol meloloskan dua pesilatnya ke babak berikutnya.

Dua pesilat sekaligus yang lolos adalah Xavier Pombo Rodilla dari nomor tunggal putra dan Leire Ezquerro Zabala yang turun di tunggal putri. (NIC)

|
0 komentar

Posting Komentar

Photobucket

Word Clock

SMS GRATIS

NeoCounter

Follow